Perkembangan Telepon Seluler Serta Dampaknya

3G. Perkembangan fasilitas telepon seluler di Indonesia saat ini memang lebih terlambat dibanding dengan negara-negara berkembang yang lainnya. Akan tetapi daya beli akan telepon seluler di Indonesia sangatlah tinggi. Kebutuhan akan sesuatu yang baru tentang adanya perkembangan tekhnologi telepon seluler sangat ditunggu-tunggu. Berikut ini merupakan perkembangan dari fasilitas telepon seluler, adapun yaitu:

  • Generasi pertama

Generasi pertama telepon seluler bergerak dengan menggunakan teknologi analog seperti AMPS(Advance Mobile Phone Service), Total Access Communications System (TACS), dan Nordic Mobile Telephone (NMT) mulai diperkenalkan.Baca Selengkapnya.....

  • Generasi kedua

Pada perkembangan telepon seluler dari generasi pertama ke generasi kedua yang membedakan adalah bahwa generasi kedua menggunakan GSM (Global System for Mobile Communications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Keduanya memberikan layanan selangkah lebih maju dengan teknologi digital yang dimiliki dan kemampuan mentransfer data. Kehadiran 2G kemudian diikuti oleh teknologi GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rates for GSM Evolution) yang memiliki kecepatan pengiriman data lebih baik.

  • Generasi ketiga

Munculnya teknologi telepon seluler generasi ketiga yang mampu mentransfer suara, data dan gambar dalam kecepatan tinggi, hingga 2 Mbps(megabyte per second). Kemudahan yang diberikan tidak juga  kemampuan yang ada pada 3G tersebut akan tetapi adanya manfaat ataupun fasilitas yang ada pada telepon seluler tersebut. Kanal 3G bisa dimanfaatkan untuk pendistribusian file audiomaupun video yang bermuata edukasi yang biasa digunakan oleh para pendidik.

Kehadiran 3G tentunya diharapkan akan memberikan sebuah solusi dalam permasalahan akses informasi. Berikut ini merupakan fasilitas yang diberikan pada telepon seluler generasi ketiga ini (3G), terdapat video call serta video conference, SMS, MMS, kamera handset, ring back tone maupun video ring tone, radio streaming, dan mobile-TV.

Namun demikian seperti yang kita pahami, setiap hal baru yang masuk ke masyarakat pasti membawa dampak ataupun perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat. Dampak yang didapat para pengguna telepon seluler terhadap perkembangan telepon seluler adapun sebagai berikut:

Dampak positifnya

  • Kemudahan dalam berinteraksi serta mengakses sebuah informasi.
  • Memberikan sebuah efektifitas dalam berbagai sisi kehidupan masyarakat.

Dampak negatifnya

  • Bagi dunia akademisi, hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para siswa yang mempunyai kebiasaan yang buruk dengan fasilitas yang lengkap dan mudah sehingga dapat memuluskan langkah mereka.
  • Gaya hidup konsumerisme mulai bermunculan

1 Response so far »

  1. 1

    Anonim said,

    artikel menarik , termakasih infonya, sangat bermanfaat


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan komentar